Microblog

MICROBLOGGING TOOLS

Posted on

MICROBLOGGING TOOLS ~ ala Dapip⁣⁣Apalagi nih halangan kamu buat mulai ngemicroblog? Kali ini aku kasih deh tools yang bisa kamu pakai. Dapurnya aku buka buat kamu, khusus di slide ke-9 itu sekedar trik buat posting gambar dengan slide yang nyambung. ⁣⁣Plus aku tag akun-akun expert yang mungkin bisa kamu ‘curi’ ilmunya. Hehe.⁣⁣Yo kutunggu microblog versi […]

Uncategorized

TERNYATA SUSAH YA!⁣

Posted on

Akhirnya comeback! Setelah terpaksa libur ngonten di dunia microblog, karena -qaddarallah- kondisi agak ngedrop sebelum berangkat dari Saudi kemarin, meskipun -alhamdulillah- sekarang sudah di rumah setelah dinyatakan negatif dari paparan virus Covid-19.⁣⁣Ternyata Saya belajar kalau ngonten itu susah!! SUSAH! ⁣⁣Kenapa susah? Coba deh geser slide ini nih.⁣⁣

Uncategorized

Ngapain nge-Microblog

Posted on

MASIH PAKE MIKIR NGEMICROBLOG?⁣⁣Trend ini sayang banget kalau kamu lewatin gitu aja. Eh, kamu cuma jadi penonton. Sini baca deh, sesuatu ini mungkin bisa jadi alasan kamu buat microblogging. ⁣⁣Mungkin juga kamu udah temuin faktor “why” itu? Boleh dong cerita. Drop di kolom komentar ya. Kita mau tau nih cerita “terbaik” versi kamu. Kenapa sih, […]

Uncategorized

Karya Penghuni Dunia 7 Hektare

Posted on

Karya yang modalnya keteguhan dan kreatifitas dengan segala keterbatasan, ini bagian dari cerita kami.⁣⁣Karena terbatas itu bukan halangan, dan mereka sekarang sudah membuktikannya. Justru semakin terbatas, semakin kreatif. ⁣⁣Tanya deh tim kreatif yang tangguh itu. Hehe. ⁣⁣ Apa karya mereka? Langsung aja cek di sini

Uncategorized

Bersamamu, Nahwu

Posted on

“Fif, coba baca ini…” begitu beliau menyodorkan sebuah kitab berkhot tsuluts. Dahi ini mengernyit, bingung ku dibuatnya. Padahal ternyata itu hanya sebuah judul kitab, kitab dasar pula. Malu pastinya, padahal waktu itu sudah naik ke tingkat 3 (kelas 2 SMP) di pondok @albinaa.ibs. Mungkin bahasa muka beliau bisa diterjemahkan seperti ini, “Lho! Kamu sudah dua […]

Uncategorized

Syawwal-an (Nikahan)

Posted on

Bulan Syawwal selalu identik dengan ini, ya Nikahan. Terlebih inilah anjuran Nabi kita, sekaligus menepis keyakinan menikah di bulan Syawwal yang mendatangkan kesialan. Tapi tentu keyakinan itu salah besar. Mumpung masih 20 hari lagi nih bulan Syawwalnya. 🤭🤭🤭 Nah, Beliau ini, sudah ku anggap seperti Abang di sini, Syaikh Abdul Aziz bin Khalid Ats Tsubaiti. […]

Uncategorized

Jaga Jarak Harus, Silaturahim Jangan Lupa

Posted on

Jaga Jarak Harus, Silaturahim Jangan Lupa Di tengah pandemi ini, silaturahim tak kenal lagi kendala jarak. Semakin banyak alternatif dan solusi, meskipun hanya bertatap muka di balik layar. Tanpa peluk rindu. Ada zoom, ada google meet, skype, whatsapp pun menampung 8 orang dalam satu kali panggilan grup. Sejujurnya, semenjak jauh ke Madinah, ke Al Binaa yang biasanya itu rutin […]

Our Experience

Lebaran (Gak) Mudik

Posted on

Lebaran kali ini paling beda, lebaran paling sepi, yang merantau pun tak bisa mudik, eh pulang kampung maksudnya. Masing-masing punya cara berbeda buat merayakan kegembiraan ini, seminimalnya masakan lebaran wajib ada di hidangan. Opor misalnya, rendang, atau ketupat, kalau ala penduduk Madinah, minimal nasi kambing kabsah. Ini yang kedua kalinya, lebaran jauh dari rumah, sejauh […]

Renungan

Ramadhanku Pergi – Syawwalku Tiba

Posted on

⁣Di saat bertemu, maka akan ada perpisahan. Dan sekarang tibalah waktu itu. ⁣⁣“Sampai jumpa Ramadhanku.” ⁣⁣Fajar Syawwal akan segera terbit. Harapannya aku betul-betul hamba-Nya selalu, yang tak hanya sekedar menjadi ‘hamba’ Ramadhaniyyah, yang sholat malam, baca alquran, sedekahnya, hanya sekedar karena Ramadhan. Begitulah harapannya. Cukup lah Ramadhanku menjadi madrosah yang menyiapkan ku agar lebih siap […]

Uncategorized

Pulang Mau ‘Ngapain’

Posted on

“Mudah-mudahan besuk pagi subuhan bisa ketemu, saya di hotel …” – Jumat menjelang Maghrib, begitulah jawaban prof. Imam ketika ku tanya kesedian beliau untuk berjumpa. Esok harinya, tepat pukul 05.39, “subuh ini saya di lantai paling atas. Afifi subuhan di masjid bagian mana?” begitu pesan beliau melalui WhatsApp. Sayangnya pesan itu baru masuk setelah dapat […]